Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016

data survey pengguna internet IndonesiaBerdasarkan survei yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), yaitu lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia telah menggunakan atau memanfaatkan Internet. Berikut adalah rincian hasil survei tersebut :

  1. Data Pengguna Internet Indonesia tahun 2016

    data survey sosial mediaPada tahun 2016 dari total penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta jiwa, terdapat 132,7 juta jiwa diantaranya telah terhubung ke internet. Penetrasi pengguna internet Indonesia didominasi oleh Pria sebesar 52,5% dan wanita sebanyak 47,5%. Dalam rentang waktu 2 tahun (2014-2016) pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 44,6 juta. Dari seluruh pengguna internet yang tersebar di Indonesia bahwa 65% pengguna internet terbanyak terdapat di Pulau Jawa yakni sebesar 86,3 juta jiwa. Sedangkan pengguna Internet terendah terdapat di Pulau Maluku dan Papua yakni sebesar 2,5%.

  2. Data Pengguna Internet berdasarkan Usia

    data survey sosial mediaInternet di Indonesia banyak digandrungi oleh masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan dan mulai dari pelajar hingga dewasa. Mayoritas pengguna terbanyak berada pada rentang umur 35-44 tahun sebesar 29,2%, pada rentang umur 25-34 tahun sebesar 24,4%. Sedangkan pengguna berumur 10-24 tahun sebesar 18,4% dan 28% sisanya tercatat merupakan pengguna berumur 45 tahun keatas.

  3. Data Pengguna Internet berdasarkan Pekerjaan

    data survey sosial mediaKomposisi Profesi pengguna internet sebagai pekerja / wiraswasta merupakan profesi terbanyak pengguna yaitu sebesar 62%, kemudian diikuti oleh Ibu Rumah Tangga (IRT) sebesar 16,6%. Sementara pengguna dikalangan mahasiswa 7,8% dan pelajar sebesar 6,3%.

  4. Data Perilaku Pengguna Internet

    data survey sosial mediaData perilaku pengguna internet dapat dijadikan acuan dalam memasarkan bisnis anda melalui internet. Dalam aspek marketing melakukan survey pengguna internet sangat penting, yaitu sebagai cara untuk menentukan konten atau pun penentuan target pasar anda. Data perilaku pengguna internet berdasarkan konten yang paling sering dikunjungi adalah sebesar 82,2 juta atau 62% diantaranya lebih sering mengunjungi web onlineshop dan 34,2% diantaranya merupakan konten bisnis personal.
    Sedangkan berdasarkan konten social media yang sering dikunjungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta pengguna atau 54% dan social media lain yang paling ramai berturut-turut adalah Instagram sebesar 19,9 juta atau 15%, Youtube 11%, Google+ 6%, Twitter sebesar 72 juta atau 5,5% dan sisanya 0,6% pengguna Linkedin.

  5. Berdasarkan Jenis Perangkat dan Jenis Internet Browser yang digunakan saat Browsing

    data survey sosial mediaPerangkat yang dipakai untuk browsing paling banyak menggunakan smartphone  (sebesar 89,9 juta atau 67,8%) diantara perangkat yang lainnya seperti computer/pc, Laptop, dan tablet. Sebagian besar smartphone menggunakan operating system Android milik Google maka menyebabkan browser Google Chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet yakni sebesar 88,3 juta atau 66,6% dari browser yang lainnya.

  6. Berdasarkan Jenis Konten Internet Yang Diakses

    data survey sosial mediaSetiap pengguna internet memiliki perilaku tersendiri dalam mengakses internet. Salah satunya adalah perilaku pengguna internet berdasarkan jenis konten yang diakses. Di Indonesia terdapat banyak jenis konten yang menarik. Diantaranya yang paling banyak diakses masyrakat Indonesia adalah Media Sosial yaitu sebanyak 97,4% Kemudian konten hiburan sebanyak 96,8%, konten berita sebanyak 96,4%, konten pendidikan sebanyak 93,8%, konten komersial sebanyak 93,1%,  dan Layanan Publik sebanyak 91,6% dari total seluruh pengguna internet di Indonesia.


Data hasil survey ini menjadi sangat penting bagi kalian yang menggeluti dunia bisnis, pengusaha ataupun pemilik jualan online untuk menentukan target dan segmentasi calon konsumennya. Tentu jika sudah mengentahui target dan segmentasi calon konsumen anda. Maka seharusnya anda mengetahui jenis konten yang sesuai, gaya bahasa, waktu posting, hingga cara berpromosi yang baik.

Leave a Reply